Pentingnya Digital Marketing Untuk Strategi Pemasaran!
Digital Marketing
Kita hidup di Era Digital, di mana ada kemajuan sangat pesat dibidang
IPTEK dan teknologi digital atau internet berkembang seiringan dengan kehidupan
kita sehari – hari, di mana kita akan sering menggunakan teknologi digital atau
internet untuk masa depan kita. Teknologi digital atau internet sekarang sudah
menguasai dunia sehingga mengubah pola perilaku konsumen. Untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen mengharuskan kita untuk bisa atau mempunyai
skill dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi agar tidak ketinggalan
jaman dan digital marketing merupakan sebuah jawaban untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen. Untuk pengusaha muda sangat penting mengetahui dan
mempelajari bidang teknologi komunikasi dan informasi agar kita bisa melakukan
pemasaran namun pemasaran yang dilakukan adalah dalam bidang digital. Agar bisa
bersaing dengan pesaing – pesaing dalam bidang wirausaha, sangat penting untuk
mengetahui dan mempelajari tentang Digital Marketing. Apalagi kita sedang ada social
distancing yang mengharuskan kita untuk berjaga jarak dan beraktivitas di rumah
karena masa pandemic COVID-19 sehingga pemasaran yang biasanya dilakukan di
ruang public, sekarang susah untuk dilakukan bahkan ada yang tidak bisa
melakukan pemasaran untuk barang atau jasanya. Oleh karena itu, para
wirausahawan bisa melakukan pemasaran secara digital (Digital Marketinng). Para
wirausahawan harus bisa memanfaatkan dan mengambil peluang untuk menggunakan
media digital dengan baik dan benar.
Digital Marketing sangat penting untuk dimasukkan ke dalam strategi
pemasaran yang harus dijalankan oleh para wirausahawan. Terdapat data pada
tahun 2019 menunjukkan bahwa ada 150 juta orang di Indonesia yang menggunakan
internet dan ada 150 juta orang di Indonesia yang mengakses media social. Dan ada
130 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet memakai smart phone. Artinya,
ada sekitar 80 persen orang di Indonesia yang mengakses media social memakai
smart phone mereka. Beberapa pemasar sekarang banyak yang menggunakan media
social untuk menarik pelanggan sebagai strategi pemasarannya karena sudah
banyak konsumen yang aktif menggunakan media social melalui smart phone mereka
sendiri.
Data pada 2020 menunjukkan bahwa ada kenaikkan populasi di Indonesia
sebesar 1,1% di mana ada pertambahan sekitar 2,9 juta orang di Indonesia. Dengan
kenaikan populasi ini meningkatkan penggunaan smart phone yang meningkat lebih
pesat dibandingkan kenaikan populasi. Peningkatan orang menggunakan smart phone
di Indonesia sekitar 4,6%, yaitu ada sekitar 15 juta orang. Kenaikan populasi
dan peningkatan penggunaan smart phone juga mempengaruhi peningkatan orang yang
menggunakan internet dan aktif mengakses media social. Untuk peningkatan orang
yang menggunakan internet sekitar 17%, yaitu ada 25 juta orang dan yang aktif
mengakses social media sekitar 8,1%, yaitu ada 12 juta orang yang sudah aktif
menggunakan media social di smart phonenya. Dengan data yang ditunjukkan pada
tahun 2019 dan 2020 menunjukkan bahwa penggunaan smart phone, internet, dan
peningkatan yang aktif menggunakan media social sangat berkembang dengan pesat
dibandingkan pertumbuhan populasi itu sendiri.
Perkembangan yang pesat itu bisa dijadikan peluang oleh para
wirausahawan. Artinya, muncul satu pola perilaku konsumen yang baru bahwa kita
harus mempertimbangkan untuk menggunakan media digital sebagai bagian strategi
pemasaran bagi perusahaan kita. Tidak lagi memikirkan strategi – strategi konvensional
karena sudah jarang orang memperhatikan billboard yang ada di jalan, orang
sudah tidak lagi membaca brosur konvensional dengan baik bahkan ada yang
langsung dibuang dan tidak dibaca. Strategi – strategi konvensional sudah tidak
efektif lagi untuk digunakan bagi strategi pemasaran untuk era Digital ini.
Merancang sebuah strategis agar usaha yang kita miliki dan produk yang
kita jual bisa dikenal banyak orang. Untuk merancang strategis Digital
Marketing kita bisa menggunakan SOSTAC Marketing Diagram.
1.
Situation Analysis (Where are we now?)
Menjelaskan posisi perusahaan kita udah dimana?
a) Goal Performance (5S)
Terdapat 5S dalam Digital Marketing. Pertama, ada sales, di mana kita harus mencatat posisi sale perusahaan kita itu ada dimana, tingkat penjualan perusahaan kita seperti apa. Kedua, serve, bagaimana kita memberikan layanan kepada konsumen kita. Ketiga, save, sudah cukupkah kita efisien dalam menyimpan cost?. Keempat, speak, bagaimana kita mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Kelima, sizzle, bagaimana kita menggunakan media digital untuk mendekati konsumen.
b) Customer Insight
Bagaimana penilaian atau pandangan terhadap produk kita.
c) E-Marketplace SWOT
Bagaimana kita bisa
menggunakan SWOT untuk mengevaluasi produk yang dijual.
2.
Objective (Where do we want to be?)
Menjelaskan tentang apa tujuan perusahaan dan produk yang akan kita jual.
Di Objective, kita bisa mengubah 5S kearah yang kita inginkan. Kita ingin
meningkatkan sales dan serve seperti apa, kita ingin sizzle kayak gimana, kita
ingin save cost kita berapa, kita ingin mengkomunikasikan (speak) produk dan
layanan kita dengan cara seperti apa,
3.
Strategy (How do we get there)
Menyusun strategi tentang bagaimana agar kita bisa mencapai tujuan yang
telah kita buat.
a) Segmentation, Targeting, and Positioning
Segmen dan target untuk yang membeli produk dan layanan kita itu siapa, dan positioningnya seperti apa.
b) OVP (Online Value Proposition)
Merancang keunggulan sebuah produk dan layanan yang kita jual dibandingkan dengan pesaing yang lain.
c) Sequence
Bagaimana kita meningkatkan kredibilitas produk dan layanan melalui media digital.
d) Integration and Database
e) Tools
Tools atau channel
apa saja yang kita gunakan untuk digital marketing.
4.
Tactics (How exactly do we get there?)
Tentang cara – cara yang lebih generic untuk mencapai tujuan perusahaan
dan produk kita.
a) E-Marketing Mix
Media platform apa saja yang akan kita gunakan
b) Details of contact strategy
Bagaimana kita menjalin komunikasi untuk penjadwalan posting produk dan layanan di media social.
c) E-Campaign Initiative Schedule
5.
Action (The details of tactics)
Apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dan produk kita,
seperti melakukan adsense untuk produk kita melalui instagram, facebook,
youtube, dll.
6.
Control (How do we monitor performance?)
Apakah langkah – langkah yang kita sudah susun, strategy yang kita sudah
buat, action yang kita sudah lakukan cukup untuk memenuhi target yang sudah
kita rencanakan di awal dan sudah cukup bisa mengarahkan kita kepada tujuan
yang kita inginkan?
Kita perlu merancang yang namanya KPI (Key Performance Indicator), jika
kita menyusun 5S menjadi tujuan kita maka kita harus tahu apakah sales di KPI
benar naik atau tidak sesuai tujuan kita, benar atau tidak kita sudah
memberikan value added pada produk dan layanan kita, benar atau tidak kita
sudah meningkatkan customer satisfaction, benar atau tidak kita sudah melakukan
customer engagement yang tepat. Contoh yang konkrit adalah ada penambahan
berapa followers setelah kita melakukan digital marketing kemudian dari
penambahan followers tersebut ada berapa persen yang membeli produk dan layanan
kita. Dengan KPI, kita bisa melakukan keputusan apakah kita akan melanjutkan
atau memperbaharui strategi kita.
Digital Marketing sangat penting untuk dilaksanakan bagi para
wirausahawan jaman sekarang untuk menjadikan produk atau layanan yang kita jual
bisa dikenal banyak orang, bukan hanya dikenal tetapi dibeli oleh masyarakat
luas dan menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap untuk produk atau layanan
perusahaan kita. Digital Marketing sangat berguna untuk memasarkan produk atau
layanan kita karena tinggal menggunakan internet saja, pelanggan bisa melihat
produk atau layanan yang kita jual tanpa susah – susah harus ke jalanan untuk
melihat billboard atau mencari brosur.
woow, sangat jelas !!
ReplyDeleteInformatif sekali kakk
ReplyDeleteinformatif sekali min
ReplyDeleteCepat kali ngrjain tugasnya ya , jngn lupa komen di blogku yaa kutandai
ReplyDeleteInformatif banget artikelnya!
ReplyDeleteWow mantap infonya
ReplyDeleteinformatif bangett, semangat ya nugasnya
ReplyDeleteterima kasih informasinyaaa
ReplyDelete