Pentingnya Digital Marketing Untuk Strategi Pemasaran!


Digital Marketing



Hi, Sobat dunia kampus

Kita hidup di Era Digital, di mana ada kemajuan sangat pesat dibidang IPTEK dan teknologi digital atau internet berkembang seiringan dengan kehidupan kita sehari – hari, di mana kita akan sering menggunakan teknologi digital atau internet untuk masa depan kita. Teknologi digital atau internet sekarang sudah menguasai dunia sehingga mengubah pola perilaku konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen mengharuskan kita untuk bisa atau mempunyai skill dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi agar tidak ketinggalan jaman dan digital marketing merupakan sebuah jawaban untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk pengusaha muda sangat penting mengetahui dan mempelajari bidang teknologi komunikasi dan informasi agar kita bisa melakukan pemasaran namun pemasaran yang dilakukan adalah dalam bidang digital. Agar bisa bersaing dengan pesaing – pesaing dalam bidang wirausaha, sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari tentang Digital Marketing. Apalagi kita sedang ada social distancing yang mengharuskan kita untuk berjaga jarak dan beraktivitas di rumah karena masa pandemic COVID-19 sehingga pemasaran yang biasanya dilakukan di ruang public, sekarang susah untuk dilakukan bahkan ada yang tidak bisa melakukan pemasaran untuk barang atau jasanya. Oleh karena itu, para wirausahawan bisa melakukan pemasaran secara digital (Digital Marketinng). Para wirausahawan harus bisa memanfaatkan dan mengambil peluang untuk menggunakan media digital dengan baik dan benar.

Digital Marketing sangat penting untuk dimasukkan ke dalam strategi pemasaran yang harus dijalankan oleh para wirausahawan. Terdapat data pada tahun 2019 menunjukkan bahwa ada 150 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet dan ada 150 juta orang di Indonesia yang mengakses media social. Dan ada 130 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet memakai smart phone. Artinya, ada sekitar 80 persen orang di Indonesia yang mengakses media social memakai smart phone mereka. Beberapa pemasar sekarang banyak yang menggunakan media social untuk menarik pelanggan sebagai strategi pemasarannya karena sudah banyak konsumen yang aktif menggunakan media social melalui smart phone mereka sendiri.

Data pada 2020 menunjukkan bahwa ada kenaikkan populasi di Indonesia sebesar 1,1% di mana ada pertambahan sekitar 2,9 juta orang di Indonesia. Dengan kenaikan populasi ini meningkatkan penggunaan smart phone yang meningkat lebih pesat dibandingkan kenaikan populasi. Peningkatan orang menggunakan smart phone di Indonesia sekitar 4,6%, yaitu ada sekitar 15 juta orang. Kenaikan populasi dan peningkatan penggunaan smart phone juga mempengaruhi peningkatan orang yang menggunakan internet dan aktif mengakses media social. Untuk peningkatan orang yang menggunakan internet sekitar 17%, yaitu ada 25 juta orang dan yang aktif mengakses social media sekitar 8,1%, yaitu ada 12 juta orang yang sudah aktif menggunakan media social di smart phonenya. Dengan data yang ditunjukkan pada tahun 2019 dan 2020 menunjukkan bahwa penggunaan smart phone, internet, dan peningkatan yang aktif menggunakan media social sangat berkembang dengan pesat dibandingkan pertumbuhan populasi itu sendiri.

Perkembangan yang pesat itu bisa dijadikan peluang oleh para wirausahawan. Artinya, muncul satu pola perilaku konsumen yang baru bahwa kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan media digital sebagai bagian strategi pemasaran bagi perusahaan kita. Tidak lagi memikirkan strategi – strategi konvensional karena sudah jarang orang memperhatikan billboard yang ada di jalan, orang sudah tidak lagi membaca brosur konvensional dengan baik bahkan ada yang langsung dibuang dan tidak dibaca. Strategi – strategi konvensional sudah tidak efektif lagi untuk digunakan bagi strategi pemasaran untuk era Digital ini.

Merancang sebuah strategis agar usaha yang kita miliki dan produk yang kita jual bisa dikenal banyak orang. Untuk merancang strategis Digital Marketing kita bisa menggunakan SOSTAC Marketing Diagram.

1.    Situation Analysis (Where are we now?)

Menjelaskan posisi perusahaan kita udah dimana?

a)    Goal Performance (5S)

Terdapat 5S dalam Digital Marketing. Pertama, ada sales, di mana kita harus mencatat posisi sale perusahaan kita itu ada dimana, tingkat penjualan perusahaan kita seperti apa. Kedua, serve, bagaimana kita memberikan layanan kepada konsumen kita. Ketiga, save, sudah cukupkah kita efisien dalam menyimpan cost?. Keempat, speak, bagaimana kita mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Kelima, sizzle, bagaimana kita menggunakan media digital untuk mendekati konsumen. 

b)    Customer Insight

Bagaimana penilaian atau pandangan terhadap produk kita.

c)    E-Marketplace SWOT

Bagaimana kita bisa menggunakan SWOT untuk mengevaluasi produk yang dijual.

 

2.    Objective (Where do we want to be?)

Menjelaskan tentang apa tujuan perusahaan dan produk yang akan kita jual. Di Objective, kita bisa mengubah 5S kearah yang kita inginkan. Kita ingin meningkatkan sales dan serve seperti apa, kita ingin sizzle kayak gimana, kita ingin save cost kita berapa, kita ingin mengkomunikasikan (speak) produk dan layanan kita dengan cara seperti apa,

 

3.    Strategy (How do we get there)

Menyusun strategi tentang bagaimana agar kita bisa mencapai tujuan yang telah kita buat.

 

a)    Segmentation, Targeting, and Positioning

Segmen dan target untuk yang membeli produk dan layanan kita itu siapa, dan positioningnya seperti apa.

b)    OVP (Online Value Proposition)

Merancang keunggulan sebuah produk dan layanan yang kita jual dibandingkan dengan pesaing yang lain.

c)    Sequence

Bagaimana kita meningkatkan kredibilitas produk dan layanan melalui media digital.

d)    Integration and Database

e)    Tools

Tools atau channel apa saja yang kita gunakan untuk digital marketing.

 

4.    Tactics (How exactly do we get there?)

Tentang cara – cara yang lebih generic untuk mencapai tujuan perusahaan dan produk kita.

 

a)    E-Marketing Mix

Media platform apa saja yang akan kita gunakan

b)    Details of contact strategy

Bagaimana kita menjalin komunikasi untuk penjadwalan posting produk dan layanan di media social.

c)    E-Campaign Initiative Schedule

 

5.    Action (The details of tactics)

Apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dan produk kita, seperti melakukan adsense untuk produk kita melalui instagram, facebook, youtube, dll.

 

6.    Control (How do we monitor performance?)

Apakah langkah – langkah yang kita sudah susun, strategy yang kita sudah buat, action yang kita sudah lakukan cukup untuk memenuhi target yang sudah kita rencanakan di awal dan sudah cukup bisa mengarahkan kita kepada tujuan yang kita inginkan?

 

Kita perlu merancang yang namanya KPI (Key Performance Indicator), jika kita menyusun 5S menjadi tujuan kita maka kita harus tahu apakah sales di KPI benar naik atau tidak sesuai tujuan kita, benar atau tidak kita sudah memberikan value added pada produk dan layanan kita, benar atau tidak kita sudah meningkatkan customer satisfaction, benar atau tidak kita sudah melakukan customer engagement yang tepat. Contoh yang konkrit adalah ada penambahan berapa followers setelah kita melakukan digital marketing kemudian dari penambahan followers tersebut ada berapa persen yang membeli produk dan layanan kita. Dengan KPI, kita bisa melakukan keputusan apakah kita akan melanjutkan atau memperbaharui strategi kita.

 

Digital Marketing sangat penting untuk dilaksanakan bagi para wirausahawan jaman sekarang untuk menjadikan produk atau layanan yang kita jual bisa dikenal banyak orang, bukan hanya dikenal tetapi dibeli oleh masyarakat luas dan menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap untuk produk atau layanan perusahaan kita. Digital Marketing sangat berguna untuk memasarkan produk atau layanan kita karena tinggal menggunakan internet saja, pelanggan bisa melihat produk atau layanan yang kita jual tanpa susah – susah harus ke jalanan untuk melihat billboard atau mencari brosur.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rekomendasi Tempat Wisata Geopark Ciletuh!

Pengambilan Keputusan dalam Manajemen!

Apa itu Hak dan Kewajiban Warga Negara?